Polisi Ringkus Bule Bulgaria Pelaku Skiming

Bule Bulgaria pelaku skiming (dua dari kanan) saat diperiksa petugas. (ist)
Bule Bulgaria pelaku skiming (dua dari kanan) saat diperiksa petugas. (ist)

DENPASAR – Pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu secara ilegal (skiming) kembali diungkap Polda Bali.

Pelakunya seorang pria berkebangsaan Bulgaria, Stefan Ivanov (53). Ia dibekuk tim Opsnal Subdit III Jatanras Polda Bali ketika selesai makan di Restoran Laota Jalan Raya Kuta, Tuban, Badung, Selasa (31/7/2018) sekitar pukul 02:00 Wita dini hari.

“Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi yang disampaikan oleh pihak bank Mandiri bahwa di ATM Mandiri SPBU Kerobokan sering terjadi penarikan uang dengan menggunakan karta ATM palsu oleh warga asing,” ungkap sumber.

Informasi tersebut ditindaklanjuti oleh tim yang dipimpin Panit I Unit 2 Subdit 3 Ditreskrimum Polda Bali, Iptu Putu Budiawan dengan melakukan penyelidikan dari tanggal 17 Juli 2018. Hampir dua pekan melakukan penyelidikan, petugas mengetahui ada penarikan uang di ATM oleh warga asing dengan cara tidak lazim, Senin (30/7/2018).

Polisi yang sudah mengetahui sengaja membiarkan ketika pelaku mengambil uang di ATM Mandiri Kerobokan. Bahkan oleh petugas, bule yang pada saat ditangkap memakai jaket warna krem dan celana pendek ini dibiarkan hingga selesai makan.

Ketika dilakukan penggeledahan terhadap barang bawaan pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti sepucuk pistol Airsoft Gun, satu pisau lipat, uang Rp51 juta, 98 buah kartu ATM palsu, satu buah kabel plexibel, satu SIM internasional, satu rauter (alat skimming), 5 buah flashdisk, tiga buah kunci yang dikatakan pemberian orang Rusia.

Kemudian diamankan juga sembilan kartu debit dan kredit, satu jam tangan, dua stroke penarikan ATM, satu laptop, enam buku tabungan BCA, tiga buku tabungann Bank Mandiri, satu buku tabungan Bank BNI, satu buku tabungan Bank BTN, dua hardisk dan empat buah handphone.

BACA JUGA:  Lagi, Jaksa Kembalikan Berkas Kasus Ngaben Massal Desa Sudaji kepada Polisi

Saat diperiksa, pelaku mengaku beraksi di  ATM Bank Mandiri dekat SPBU Kerobokan, ATM Bank Mandiri KCP Denpasar, Kerobokan, ATM Mandiri Sunset Point Kuta, ATM BNI Sunset Point Kuta, ATM BRI Sunset Point Kuta dan ATM Mandiri SPBU Dewi Kunti Kuta.

“Tersangka Stefan Ivanov sudah diamankan anggota Ditreskrimum Polda Bali dan tengah menjalani pemeriksaan,” kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja terkait penangkapan bule pelaku skiming. (agw)