Api Obor Asian Games 2018 Diinapkan di Rumah Pesanggrahan Bung Karno

Api obor Asian Games 2018 diinapkan di Rumah Pesanggrahan Bungkarno.

MEDAN – Rombongan pembawa tinder box (lentera) api obor Asian Games  2018 tiba di Danau Toba dan diinapkan di Rumah Pesanggrahan Bung Karno, di Parapat, Kabupaten Simalungun, Selasa, 31 Juni 2018, sekitar pukul 23.00 WIB.

Direktur Ticketing Inasgoc, Sarman Simanjorang, mengatakan setelah dari Kabupaten Simalungun, api obor Asian Games 2018 nantinya akan menuju Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), kemudian diterbangkan ke Provinsi Riau melalui Bandara Silangit, Tapanuli Utara (Taput).

“Besok (1 Agustus 2018) dari Parapat ke Tobasa. Selanjutnya ke Bandara Silangit dan langsung ke Riau,” kata Sarman di Rumah Pesanggrahan Bung Karno.

Sarman menjelaskan, dipilihnya kawasan Danau Toba sebagai salah satu tempat persinggahan api obor Asian Games 2018 agar bisa meningkatkan ekonomi daerah wisata di kabupaten yang mengelilingi danau terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

“Dengan mampirnya obor ini ke Parapat, kita harapkan potensi Parapat sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia menyebar. Itu tujuannya,” jelas Sarman.

Sesuai dengan program pemerintah, akan ada empat target sukses yang dicapai di Asian Games 2018. Pertama adalah sukses penyelenggaraan, kedua sukses prestasi, ketiga sukses ekonomi, dan keempat sukses administrasi.

Disebutkan Sarman, untuk di Danau Toba ada kaitannya dengan sukses ekonomi. Untuk diketahui, Asian Games adalah pesta olahraga di dunia setelah Olimpiade, dan akan disaksikan sekitar lima miliar penduduk di Asia. Nantinya selama dua pekan mata Asia akan tertuju ke Indonesia. (tra/net)

BACA JUGA:  Piala AFF U-16, Timnas Indonesia Cukur Filipina 8-0