Sambut Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI…kecil Pemkot Siapkan Tari Kolosal dan Hiburan Rakyat

Rapat Kordinasi Persiapan Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Kantor Wali Kota Denpasar, Selasa (31/7/2018) (foto : ist).

DENPASAR – Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI tahun 2018 di kota Denpasar kali ini akan terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ini dikarenakan Pemerintah Kota Denpasar merancang peringatan hari paling bersejarah bagi rakyat Indonesia itu dengan sebuah pertunjukan tari kolosal dan beragam hiburan rakyat.

Selain mengikuti konsep apel secara nasional, dalam peringatan HUT Kemerdekaan kali ini Pemkot Denpasar akan menyajikan tari kolosal bertajuk ‘Amurweng Bhumi Nusantara’.

Seni tari ini akan memeriahkan apel pengibaran bendera sang saka dwiwarna, yang  akan dilaksanakan di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, Denpasar pada Jumat (17/8/2018) mendatang.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar, I Made Toya didampingi Plt. Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Dewa Gde Juli Artabrata saat memimpin rapat kordinasi persiapan HUT ke-73 RI di Kantor Walikota Denpasar, Selasa (31/7/2018), mengatakan bahwa untuk rencana tersebut Pemkot Denpasar telah melakukan berbagai persiapan.

Lebih lanjut dijelaskan, seluruh rangkaian kegiatan apel mengikuti arahan dan instruksi pemerintah pusat terkait pelaksanaan apel bendera.

“Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini memang ada yang berbeda, dimana ada pementasan tari kolosal yang mengambarkan sepirit kebangsaan,” terang Made Toya.

Ditambahkannya, tari kolosal yang akan dibawakan oleh siswa SMKN 5 Denpasar ini menggambarkan kisah Ratu Tri Bhuwana Tungga Dewi saat bertahta di kerajaan Majapahit, serta kekuatan sumpah Amukti Palapa Patih Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara.

“Dengan tari kolosal ini diharapkan bisa menjadi spirit dan motivasi bagi generasi muda akan perjuangan para pahlawan dimasa lampau dalam mempersatukan Nusantara,” tuturnya.

Sehari setelah peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, tepatnya tanggal 18 Agustus 2018, Pemkot Denpasar akan menggelar pesta hiburan rakyat dengan menampilkan beragam seni budaya.

“Kita harapkan even ini sekaligus menjadi dukungan untuk menyukseskan ajang  Asian Games tahun 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang,” demikian Made Toya. *bro