Banyak Proyek Drainase, Jaringan PDAM Gianyar Rusak

Tim Teknis PDAM Gianyar berusaha melakukan perbaikan secepatnya.

GIANYAR – Banyaknya pengerjaan proyek drainase dan pelebaran jalan di ruas jalan Kabupaten Gianyar untuk anggaran 2018, berdampak pada rusaknya di sejumlah jaringan pipa dalam pengerjaan proyek tersebut.

Direktur PDAM Gianyar, Made Sastra Kencana mengatakan Tim Teknis PDAM Gianyar kini setiap harinya berada di lapangan guna melakukan perbaikan jaringan. Perbaikan jaringan ini akibat pipa PDAM di beberapa titik mengalami kebocoran, baik oleh proyek pelebaran atau drainase juga akibat pipa induk yang terjepit akar pohon.

“Yang paling memusingkan itu, pipa yang bocor karena terlilit akar pohon,” kata  Sastra Kencana, Selasa (31/7/2018).

Lebih lanjut dijelaskannya, kebocoran pipa PDAM oleh akar pohon tersebut terjadi merata di tujuh kecamatan. Sehingga perbaikan jaringan tersebut mesti ke arah lebar tanpa harus menebang pohon perindang di jalan.

“Kalau menebang pohon, tentu harus ada ijin dari DLH. Pohonnya harus diselamatkan, kecuali memang pohonnya sudah mati,” terang Sastra Kencana lagi.

Sedangkan kebocoran pipa akibat perbaikan jalan, trotoar dan drainase, menurutnya perbaikan bias relative lebih cepat dilaksanakan. Mengingat pipa yang bocor tersebut langsung dikoordinasikan ke PDAM dan langsung saat itu juga dilakukan perbaikan. “Nah, kalau bocor karena terjepit akar pohon, tentu harus mengamati titik bocor dan melakukan galian sampai sambungan pipa normal,” tuturnya.

Sastra Kencana juga menyebutkan, bila kebocoran pipa yang terjadi di jalan kabupaten dan provinsi, maka koordinasi atau meminta ijinnya melakukan galiannya relatif lebih cepat. Yang menjadi persoalan, bila ada jaringan PDAM yang bocor pada jalan nasional, mesti meminta ijin ke Balai Wilayah Jalan Nasional yang kantornya di Surabaya.

“Itupun kalau ijin galian bisa keluar cepat. Disisi lain pelanggan meminta segera melakukan perbaikan,” ungkapnya. Walau demikian, Tim Teknis PDAM Gianyar berusaha melakukan perbaikan secepatnya.yes

BACA JUGA:  Sanjaya Ground Breaking Kantor PMI Tabanan