Jokowi Instruksikan Beri Uang Tunai Rp50 Juta untuk Korban Gempa NTB

Presiden Jokowi perintahkan pejabat terkait segera bantu korban gempa NTB (foto : indomedia.co)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengucapkan duka mendalam kepada korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saya ingin mengucapkan duka yang mendalam atas musibah ini, terutama bagi korban meninggal dunia. Semoga arwahnya diterima di sisi Allah dan diberikan tempat terbaik di sisi-NYA,” ujar Jokowi saat tiba di Kabupaten Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018).

Presiden Jokowi memastikan, pemerintah terus menginventarisasi rumah warga yang rusak akibat gempa. Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Tak Percaya Info Hoaks Gempa Lombok Presiden pun menginstruksikan supaya bantuan yang diberikan kepada korban gempa, terutama yang rumahnya rusak, berupa uang tunai.

“Besok pagi sesuai dengan permintaan masyarakat agar diberikan uang saja, biar bisa dibangun rumahnya kembali,” pinta mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

“Untuk rumah roboh, terutama yang rusak berat, masih dalam proses verifikasi di kelurahan, kecamatan dan nanti dikeluarkan oleh Pak Gubernur mengenai jumlah total semuanya berapa,” lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga sudah mendapatkan laporan bahwa Badan SAR Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI sedang berupaya melakukan evakuasi terhadap pendaki di Gunung Rinjani yang terjebak akibat gempa bumi.

Sementara berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu (29/7/2018) sore, korban gempa berkekuatan 6,4 SR itu menyebabkan 14 orang meninggal dunia, 162 orang luka-luka dan ribuan rumah rusak. (sdn-net)