Warga Denpasar Diimbau Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

DLHK Denpasar bagikan kantong kain di car free day (foto : ist)

DENPASAR – Penggunaan kantong plastik memberikan dampak yang tidak baik terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Melihat dampak tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar menggalakan gerakan kurangi kantong plastik.

Salah satunya kegiatan kampanye mengurangi penggunaan kantong plastik tersebut dilaksanakan pada Minggu (29/7/2018) di areal Car Free Day, Kawasan Renon, Denpasar dengan melibatkan komunitas peduli sampah di Kota Denpasar, seperti Trash Hero Indonesia dan kalangan pengusaha swalayan.

Pada kesempatan itu, DLHK Denpasar bersama-sama komunitas peduli sampah plastik, berjalan mengelilingi areal Car free Day dengan membawa spanduk seruan bertuliskan “Ayo Ganti Kantong Plastik dengan Tas Ramah Lingkungan”.

Masyarakat membubuhkan tanda tangan untuk sepakat mengurangi kantong plastik. (foto : ist)

Masyarakat juga diajak membubuhkan tanda tangan di atas kain putih untuk menyatakan kesepakatan terhadap pengurangan kantong plastik. Ajakan DLHK Denpasar ini juga diikuti dengan membagikan kantong kain ramah lingkungan secara gratis kepada masyarakat pengunjung Car Free Day.

“Gerakan kami saat ini mengkampanyekan kepada masyarakat terkait dengan pengurangan penggunaan kantong plastik,” ujar Sekretaris DLHK Denpasar, I.B Putra Wirabawa.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam satu tahun, 1 triliun kantong plastik digunakan oleh dunia. Setiap orang menggunakan sekitar 170 kantong plastik setiap harinya. Ini berarti setiap satu menitnya 2 juta kantong plastik yang dibuang. (tra)