Tas Rotan Bali Kian ‘Dilirik’

Foto : Tas rotan bulat jenis bunga buatan perajin Bali.

BBO.com – Belakangan ini, tas rotan Bali banyak ‘dilirik’ konsumen, baik asing maupun lokal. Melihat permintaan pasar yang kian meningkat itu, kini di media sosial instagram, berbagai toko online menjual produk ini dengan berbagai model.

Coba saja cari dengan tagar #tasrotanbali, akan muncul lebih dari 55.000 unggahan foto yang menampilkan berbagai macam tas rotan. Ada yang berbentuk bulat, ada pula yang persegi, bahkan segi lima atau enam.

Tas rotan yang tengah menjadi buruan memang produk kerajinan asal Bali. Biasanya, banyak dijumpai di Pasar Ubud, Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Guwang, Gianyar. Salah satu penjual tas rotan di Pasar Seni Sukawati, Komang Wardani kepada BBO, mengatakan selain ia menjual tas rotan di Pasar Seni Sukawati, ia juga menjualnya secara online.

Neburut Wardani, tas-tas rotan yang dijualnya itu ia ambil dari penyalur di Gianyar dan Karangasem. Untuk satu tas rotan ia bandrol dengan harga antara Rp 125.000-Rp 250.0000.  Selain unik dan artistik, keunggulan tas rotan adalah tahan cuaca.

“Selain unik dan artistik, tas ini juga ramah lingkungan dan desainnya beragam,” tutur Wardani, seraya menambahkan, tas rotan juga nyaman digunakan dan tahan cuaca. Tas ini ulet karena terbuat dari anyaman tanaman ata.

Dari belasan model tas rotan yang tersedia di tokonya, terdapat empat model tas rotan yang paling diminati pembeli, di antaranya tas rotan bentuk bulat motif bunga. “Model tas ini paling diminati di toko online saya,” ungkapnya.

Tas berukuran diameter 20 cm itu dibanderol dengan harga Rp200 ribu. Terdapat dua macam pengait untuk tas ini, yakni klip atau pita. Tali tas ini 70 persennya terbuat dari kulit dan tas rotan bentuk bulat motif polos.

Tas rotan bentuk bulat berwarna natural ini berukuran diameter 20 cm. Tas dengan motif polos ini begitu apik dipandang mata. Untuk jenis ini, Wardani memasang bandrol Rp185 ribu. Pengait tas ini masih sama dengan tas sebelumnya, yakni bisa berbentuk pita atau klip. Tali tas ini 70 persen terbuat dari kulit.