ISI Denpasar Diharapkan Lahirkan Karya Seni Berkualitas

Wisuda ISI Denpasar (foto : net)

DENPASAR – Gubernur Bali Made Mangku Pastika menilai Institut Seni Indonesia Denpasar telah memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan bidang seni di Pulau Dewata.

“Pemerintah Provinsi Bali menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor ISI Denpasar dan seluruh jajaran atas kerja sama yang telah dibangun selama ini dalam mendukung program Pesta Kesenian Bali, Bali Mandara Mahalango dan Bali Mandara Nawanatya,” kata Pastika dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha, di Denpasar, Sabtu (28/7/2018).

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Bali sangat mengharapkan agar ISI Denpasar tetap mampu melahirkan para seniman dan karya seni yang berkualitas guna memperkaya khasanah budaya Bali.

“Kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini hendaknya tetap dapat dijaga guna menjaga kesenian Bali dari berbagai himpitan perkembangan zaman, guna terwujudnya masyarakat Bali yang maju, aman, damai dan sejahtera (Mandara),” ucapnya pada acara Sidang Terbuka Senat ISI Denpasar serangkaian Dies Natalis XV itu.

ISI Denpasar, tambah Pastika, juga telah mampu menghasilkan lulusan yang kreatif, tangguh, unggul dan berjiwa kewirausahaan serta telah banyak memberikan kontribusi pengabdian pada masyarakat guna mendukung kemajuan ilmu pengetahuan di bidang seni.

“Peran mulia yang diembang civitas akademika ISI Denpasar merupakan wujud nyata pelestarian kesenian Bali, mengingat Bali sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang mengandalkan sektor pariwisata, yang sangat didukung keberadaan kesenian yang dimiliki,” ujarnya.

Terkait dengan Dies Natalis XV tersebut, Pastika berharap ISI Denpasar tetap dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan perannya dalam menjaga dan melestarikan seni budaya Bali, serta tetap menjadi perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Bali.

BACA JUGA:  Lewat Konsep 'Bayu Permana', PKB di Tabanan Kali ini akan Tampil Beda

Sementara itu, Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Gede Arya Sugiartha mengatakan kampus setempat merupakan salah satu dari sembilan perguruan tinggi seni di Tanah Air yang memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan (center of excellence) seni budaya berbasis kearifan lokal berwawasan universal.

Pada  kesempatan itu Arya Sugiartha juga menyampaikan sejumlah pencapaian yang telah diraih dalam kurun satu tahun terakhir seperti pada tahun akademik 2017/2018 ISI Denpasar telah “dilamar” oleh 1.482 orang calon mahasiswa dalam negeri dan 265 calon mahasiswa luar negeri dari 23 negara. (sdn)